"Orang Boleh Pandai Setinggi Langgit, Tapi Selama Ia Tak Menulis, Ia Akan Hilang Di Dalam Masyarakat dan Dari Sejarah" -Pramoedya Ananta Toer

Saturday, March 31, 2018

Pukul 16.00-18.00 Wib


Saat aku berada di pantai, memang hal paling menarik yang aku lihat pertama kali adalah suara gemuruh ombak yang pecah menerjang bebatuan. Entah bagaimana bentuk dari pantai itu, apapun kondisi pantai saat itu, tetap hanya ada gejolak gelombang laut yang akan selalu memanjakan mata ini.

Aku tahu, banyak sekali hal yang aku dapatkan dari ombak yang senantiasa bergulung menerjang indahnya pantai di Bulakan-Anyer. Kesetiaan adalah salah satunya, makna kesetiaan begitu mendalam bagi sebagian insan. Tentu aku mengetahui bahwa ombak akan selalu bergerak untuk menemui tujuan akhir dari perpindahan mereka yaitu pantai nan indah. Kesetiaan adalah hal mutlak demi terjalinnya hubungan kasih sayang cinta antar sesama makhluk ciptaan Tuhan yang terus terjaga sampai kapanpun.


Untuk kamu, belajarlah dari para ombak. Sebagai makhluk ciptaan yang paling sempurna, selayaknya kamu terus berusaha agar kelayakan itu tetap ada di jiwa kamu. Konsisten, pantang menyerah, dan setia harus selalu tetap diwujudkan dan dipertahankan sampai akhir hayat. Tuhan menciptakan alam ini dengan segala keseimbangannya, dengan segala filosofinya, agar kamu sebagai insan yang sempurna dihadapannya selalu sadar dan ingat akan tugas dan kewajiban di dunia.

No comments:

Post a Comment

Hei Kamu yang Sedang Berjuang di Perantauan: Jangan Menyerah, Pantang Pulang Sebelum Meraih Kesuksesan! Ya, momen perjalanan atau kesempa...