"Orang Boleh Pandai Setinggi Langgit, Tapi Selama Ia Tak Menulis, Ia Akan Hilang Di Dalam Masyarakat dan Dari Sejarah" -Pramoedya Ananta Toer

Saturday, January 6, 2018

do not be afraid to own

Jika sendirimu itu menakutkan, abaikan.
Karena menurutku, keramaianlah yang lebih menakutkan.

Ya Aku adalah tipikal orang yang introvert, kata bijak dan cerita puitis bisa kubuat disaat suasana seperti itu.

Suka dengan sendiri dan sendirian bukan berarti tak membutuhkan orang lain, yang namanya mahkluk sosial tetap butuh manusia lainnya sebagai pewarna dan pelengkap hidup, hanya saja kita ada dan dibutuhkan tidaklah setiap saat dan setiap waktu, ya sebagaimana obat diperlukan digunakan hanya ketika kita sedang sakit.

Kata orang sendirian terus nanti malah bisa kemasukan setan dan gila. Hahah…
Tidaklah sepenuhnya benar masih ada pengecualian, tergantung juga kalau kita sendiri nya sedang berbuat apa, kalau sendiri sedang melamun dan ngasah golok ya bisa saja kamasukan jin atau menjadi gila atau bunuh diri, namun kalau sendirinya itu belajar, membaca buku, mengkaji Alquran, menulis dan instrospeksi diri bahkan sebenarnya ini adalah suatu kemajuan dan suatu kebaikan yang besar yang bisa mendatangkan banyak sekali manfaat untuk hidup. Jadi diamnya adalah produktif dan sendirinya juga adalah diisi untuk hal yang bermanfaat nah yang seperti ini dijamin nggak akan pernah menjadi gila dan kemasukan jin. Daripada bicara ngalor ngidul namun tidak membawa manfaat dan tidak membawa kebaikan sama sekali maka kita sendirilah yang akan merugi nantinya.

Mulai sekarang aku selalu memotivasi diriku sendiri untuk selalu agar bisa belajar dan berusaha menjadi pribadi yang besar, yang mandiri, yang tangguh, yang cerdas dan melakukan segala sesuatu yang bermanfaat. Bagiku hidup adalah belajar jadi teruslah belajar dimanapun kita berada dan dalam kondisi apapun, pelajari semua yang kita lihat, pelajari semua yang kita dengar, buang segala yang buruk dan serap segala yang baik–baik. Segalanya memang harus dimulai dari diri kita sendiri. Kalau ingin berubah pada perubahan yang lebih baik maka hal utama yang harus dilakukan adalah merubah diri kita sendiri. Merubah sikap, merubah cara pandang dan merubah cara berfikir. Maka InsyaAllah dengan izin-Nya Allah akan merubah kehidupan kita.

Memang bayak pelajaran yang bisa kita ambil dalam menyendiri, tergantung bagaimana seseorang itu menyikapi kesendiriannya.
Jadi manfaatkanlah kesendirian kita dalam hal-hal yang positif, buang semua yang negatif agar kita bisa merangkai sesuatu yang kita inginkan dan lalu gantungkan dengan ketinggian.

Jangan pernah takut untuk jatuh, karena dengan tidak terjatuhnya kita, kita tidak akan pernah tahu rasa sakit itu seperti apa. Maka disaat kita terjatuh, coba untuk bangkit kembali, tambahkan rasa percaya diri dan motivasi yang tinggi agar disaat kita terjatuh untuk kedua kalinya kita sudah siap.

Jadikan itu semua pelajaran, entah kita tidak tahu siapa yang akan mengajari kita dan siapa yang mau mengajari kita, kita tidak tahu, maka dari kita coba untuk belajar dari diri kita sendiri.

Next time ...
Jika suka dengan artikel ini, share yah...
By : panggil aja kang mbay

No comments:

Post a Comment

Hei Kamu yang Sedang Berjuang di Perantauan: Jangan Menyerah, Pantang Pulang Sebelum Meraih Kesuksesan! Ya, momen perjalanan atau kesempa...