"Orang Boleh Pandai Setinggi Langgit, Tapi Selama Ia Tak Menulis, Ia Akan Hilang Di Dalam Masyarakat dan Dari Sejarah" -Pramoedya Ananta Toer

Thursday, June 22, 2017

Mentari Dari Kurau

Kasih sayang dan perjuangan seorang ibu memang tidak akan mampu dibalas oleh anak. Namun pada film Mentari dari Kurau pemandangan berbeda coba disuguhkan. Film ini menceritakan tentang seorang anak yang masih duduk di Sekolah Dasar bernama Mentari (Nanda Mentari) harus berjuang dan mengabdi untuk mengurus emak (Eksanti) yang tengah sakit keras.

Anak perempuan dari desa Kurau ini terpaksa membanting tulang untuk dapat membiayai kehidupannya bersama sang ibu, mentari harus bekerja keras untuk bisa hidup di dunia nya. Mentari yang tidak memiliki seorang ayah ini rela menjadi kuli ikan di malam hari dan pagi hari tetap melaksanakan kewajibannya sebagai anak sekolah. Perjuangannya tidak hanya disitu, ia juga harus memenuhi kebutuhan untuk membeli obat ibunya. 

Dengan kesibukannya tersebut, membuat Mentari kecil yang cerdas terganggu dalam bidang pendidikannya, ia terkadang sampai tidak sempat untuk menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh guru sekolahnya. Belum lagi pikirannya harus terbagi dengan keadaan ibunya dirumah saat Mentari berada disekolah.
Mentari adalah sosok wanita yang tangguh, jarang sekali ada wanita yang seperti mentari.

Film bergenre drama keluarga yang diproduksi oleh Fantasi Indonesia Pictures ini banyak memberikan pesan moral yang amat tinggi, belum lagi ketika melihat kegigihan Mentari dalam mendapatkan pendidikan membuat kita akan lebih menghargai apa yang namanya ilmu pengetahuan. 

Penampilan akting yang apik turut pula disumbang Eksanti dalam film ini, ia juga berhasil menciptakan hubungan yang intim bersama anaknya, Mentari dengan sangat natural. Film berdurasi 100 menit ini juga tidak lupa menyuguhkan panaroma alam yang indah khas daerah Kurau, Bangka Tengah.

Secara keseluruhan, film Mentari dari Kurau benar-benar menawarkan kisah yang inspiratif dan penuh keharuan. Disini penonton bisa mendapat banyak pesan positif tentang kasih sayang antara anak dan ibu, semangat pantang menyerah serta pentingnya arti pendidikan. Bagi Anda yang suka dengan genre drama, kisah Mentari dari Kurau tentu menjadi rekomendasi film yang tepat untuk disimak.

Selain Eksanti dan Nanda, Mentari dari Kurau yang disutradari oleh Revo S. Rurut ini juga turut menggandeng artis ternama lainnya seperti Sonita, Jian Batari, Gary Iskak, Leily Sagita, Richa Iskak dan Johan Purba.  Mampukah Mentari mencapai impian walau pendidikannya agak terbengkalai? Apakah sang ibu dapat sembuh dari penyakitnya?

Mentari yang kalah dalam perlombaan puisi tingkat SD sekabupaten ini tidak membuat nya ia putus asa, karena didalam perlombaan pasti ada yang menang dan yang kalah. 
"Hari ini aku kalah, hari esok aku akan Menang" optimis selalu dalam hidup akan membuahkan hasil yang kita inginkan.

"Dalam gelap sinar lampu berkuasa, dalam terang lampu pun menderita.
Jika hidup ini sudah menderita, percayalah Allah yang kuasa akan tetap ada."

Suatu ketika mentari sedang menghadiri pernikahan sang guru sekolah, mentari dapat kabar dari tetangga nya bahwa ibu dirumah sudah tiada😔, mentaripun lekas berlari ke rumah nya. Dan ibunya pun sudah tergeletak di teras rumah😭😭.
Ibu, 
"aku tau aku banyak salah Padamu, bukalah matamu Bu, semenit saja☹️. Aku ingin meminta maaf kepadamu dengan hati yang sangat tulus." Ucap mentari
"Ibu yang tenang disana" ucap mentari😭😭

Mentari yang mendapatkan beasiswa kedokteran di Jakarta tidak untuk mengambilnya, karena mentari melakukan ini untuk seorang ibu.
Dan mentaripun merenungi terkait dengan beasiswa itu.
mentari harus mengambil beasiswa, mau bagaimana pun ibu pasti bangga melihat tari yang sekarang. Ucap memtari😇

Keesokan hari nya mentari berangkat ke Jakarta untuk menggapai cita-citanya, mentari berhasil dan sekarang mentari bahagia😊berkat hasil kerja keras dan belajar yang rutin mentari sekarang menjadi orang yang mentari inginkan.

"Karena proses itu tidak akan pernah mengkhianati hasil"


PN: Mbay

REK: MENTARI DARI KURAU 😇😇

No comments:

Post a Comment

Hei Kamu yang Sedang Berjuang di Perantauan: Jangan Menyerah, Pantang Pulang Sebelum Meraih Kesuksesan! Ya, momen perjalanan atau kesempa...