"Orang Boleh Pandai Setinggi Langgit, Tapi Selama Ia Tak Menulis, Ia Akan Hilang Di Dalam Masyarakat dan Dari Sejarah" -Pramoedya Ananta Toer

Thursday, January 3, 2019

Bukan Insomnia Cinta

"Gagal corat-coret Gie"

Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang memiliki gejala lesu sepanjang hari karena kekurangan waktu tidur. Umumnya penderita insomnia akan sulit tidur jika terbangun di malam hari, akan tetapi juga ada yang mengalami gangguan tidur sejak sebelum terlelap tidur.

Insomnia bagi mahasiswa disebabkan oleh kondisi pikiran yang tidak tenang "banyak pikiran seberawut" perut yang lapar "bagi anak kost", deadline tugas yang harus segera dikumpulkan, jika keesokan harinya libur/tidak ada jadwal kuliah, dan kebiasaan begadang kongkow ria bersama teman.

Sisi positif bagi mahasiswa yang mengalami insomnia antara lain: Tugas yang deadlinnya harus dikumpulkan esok hari bisa diselesaikan malam harinya. Pekerjaan kantor yang belum selesai bisa diselesaikan. Malam hari adalah waktu yang sangat tenang sehingga kondusif untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas, kecepatan download internet sangat cepat dimalam hari sehingga menguntungkan bagi mahasiswa yang doyan men-download file-file dari internet, dan ada tambahan waktu untuk melakukan aktivitas lainnya jika tidak sempat di lakukan di siang hari "games, ngopi, dll".

Sedangkan sisi negatif bagi mahasiswa yang mengalami insomnia antara lain: Terganggunya kesehatan akibat udara malam, mata merah dan sembab serta badan lemas karena keseringan chatingan sama selingkuhan dan mantan "gak berfaedah banget" hehe, bangun kesiangan sehingga jika ada kuliah pagi bisa terlambat, dan yang paling eksteam kehidupan normal mahasiswa sebagai manusia akan beralih menjadi kehidupan "kelelawar" yaitu pada malam hari terbangun dan beraktivitas sedangkan pada siang harinya tertidur.

Cara jitu untuk menghilangkan insomnia pada mahasiswa yang paling jitu adalah hidari chatingan dengan selingkuhan dan mantan! "Setia lah diberbagai tikungan" hehe. Becanda.
Cara jitu untuk menghilangkan insomnia pada mahasiswa yang paling jitu adalah jangan kebanyakan minum kopi, menurut mba cantik Apotic Farma Legok, dan segera tidur jika sudah mulai mengantuk sebelum pukul 22.oo WIB, sebab jika dipaksakan untuk menunda tidur sebelum larut malam maka akan "bablas" kesulitan untuk tidur hingga pagi.


No comments:

Post a Comment

Hei Kamu yang Sedang Berjuang di Perantauan: Jangan Menyerah, Pantang Pulang Sebelum Meraih Kesuksesan! Ya, momen perjalanan atau kesempa...